Kamis, 02 Desember 2010

cara cara membuatwapsite pribadi.......blogger

Bila Anda termasuk orang yang terbiasa menulis catatan harian atau diary, tulisan berikut tentang panduan cara membuat website pribadi atau membuat blog di Blogspot tentunya akan menarik untuk disimak. Apalagi bila sampai hari ini Anda belum memiliki blog, karena dengan memiliki blog, Anda akan memiliki diary yang bisa Anda isi di mana pun dan kapan pun tanpa harus membawa-bawa buku diary Anda.

Kelebihan lainnya, dengan diary online (blog), Anda bisa lebih bebas mengekspresikan diri dengan beragam cara, baik tulisan, gambar, lagu, bahkan video sekali pun, yang itu semua tidak bisa dilakukan di buku diary konvensional. Dan yang lebih menarik lagi, diary Anda bisa dibaca dan dikomentari oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia ini. Dan yang lebih penting, semuanya gratis. Menarik, bukan?

Oleh karena itulah maka berikut ini akan disampaikan tahapan-tahapan untuk membuat blog di Blogspot.

1. Siapkan Email

Sebelum memulai membuat blog di Blogspot, Anda harus memiliki email terlebih dahulu. Supaya lebih mudah, siapkan akun email di Gmail, karena proses registrasinya akan lebih mudah, mengingat Gmail telah terintegrasi dengan Blogspot. Bila belum tau cara membuat email di Gmail, Anda bisa menyimak ulasannya di www.anneahira.com.

2. Masuk ke Situs Blogspot atau Blogger

Buka situs Blogspot di www.blogspot.com, atau www.blogger.com.

3. Sign In

Bagi yang memiliki akun Gmail, langsung isi kolom yang telah disediakan pada halaman login tersebut dengan alamat email Gmail Anda dan password-nya. Lalu klik “masuk”.

4. Registrasi

Selanjutnya Anda akan melewati 3 tahap registrasi yang mudah dan cepat:

a. Mendaftar untuk Blogger

Di situ Anda tinggal mengisi kolom “nama tampilan” saja, yang lainnya sudah terisi secara otomatis. Beri tanda centang pada kotak “penerimaan persyaratan”. Lalu, klik “lanjutkan”. Anda akan masuk ke halaman “dasbor”, lalu klik “ciptakan blog anda”.

b. Memberi Nama

Pada tahap ke-2 ini, Anda diminta untuk mengisi “judul blog” dan “alamat blog” yang diinginkan. Silahkan isi sesuai dengan yang Anda inginkan, lalu klik “lanjutkan”. Anda akan masuk ke halaman pilihan untuk memilih template.

c. Memilih Template

Di halaman template, terdapat beberapa jenis desain untuk template atau “pakaian” blog Anda. Pilih saja mana yang Anda sukai, lalu klik “lanjutkan”, atau bisa juga Anda lakukan nanti.

Bila muncul pemberitahuan “blog anda sudah jadi”, itu artinya Anda telah berhasil membuat blog. Untuk melihat isinya, silahkan klik “mulai blogging”. Bila tidak, Anda sign out saja, lalu coba lihat tampilannya dengan mengetikkan alamat blog Anda di kolom url browsernya.

Anda telah berhasil membuat sebuah blog. Berikutnya, Anda bisa otak-atik sendiri fitur blognya. Atau bila masih belum jelas, silakan Anda bertanya pada ahlinya atau mengikuti diskusinya di forum-forum dan milinglist.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut