Kamis, 02 Desember 2010

mengetahui applikasi java dari ponsel china

Hp China telah membanjiri pasal ponsel di tanah air. Selain harganya yang sangat miring, model atau bentuknya yang menyerupai ponsel kelas atas menjadikan produk ini menjadi incaran para penikmat teknologi selular yang berkantong terbatas.

Namun, tidak sedikit dari mereka, setelah membeli hp China mengalami kesulitan untuk memperoleh game atau aplikasi hp China. Entah karena kurangnya informasi atau terbatasnya source yang menyediakan berbagai game atau aplikasi hp China.

Sebuah ponsel memiliki fungsi standar untuk berkomunikasi. Telepon serta sms. Namun, dalam sebuah ponsel dengan tipe-tipe tertentu dapat disuntikkan sebuah aplikasi atau game yang dapat meningkatkan kemampuan sebuah ponsel. Termasuk ponsel dengan brand China.

Aplikasi atau game tersebut sesungguhnya telah terdapat di setiap hp China ketika didapatkan. Namun, tentu saja aplikasi serta game ini sangat terbatas. Mungkin hanya diberikan beberapa saja. Tidak beragam dan hanya sebatas yang diperlukan.

Bagi mereka yang memerlukan aplikasi tertentu, tentu saja harus menambahkan secara manual. Mereka harus membenamkan aplikasi tersebut ke dalam ponsel dengan cara menginstalnya. Tidak hanya aplikasi, sebuah game prosesnya juga sama. Proses penginstalan mutlak diperlukan jika ingin menambah permainan di sebuah ponsel.

Untuk hp China, hal tersebut kadang menimbulkan masalah. Sebuah ponsel China sangat berbeda dengan ponsel pada umumnya. Memang dari fisik luar terdapat kesamanan. Karena memang umumnya ponsel China mengadaptasi beberapa vendor ponsel terkemuka; seperti Nokia, BlackBerry, dan lain sebagainya.

Pengadaptasian ini bukan secara menyeluruh. Namun, hanya sebatas tampilan fisik. Seperti bentuknya saja, atau yang dikenal dengan sebutan chassing. ‘Dalamannya’ tentu saja sangat berbeda dengan ponsel yang diadaptasi.

Jangan harap jika Anda membeli ponsel China dengan tampilan seperti hp Nokia akan berjalan di sistem operasi tangguh seperti Symbian. Pun juga dengan tampilan BlackBerry, jangan harap akan seperti ponsel handal dengan sistem operasi RIM.

Untuk mengetahui atau mencari tahu apakah ponsel China yang kita miliki support atau game apa saja yang dapat dibenamkan di dalamannya, sebenarnya caranya sangat sederhana. Anda hanya perlu ‘mengintip’ jenis file yang terkandung di dalam ponsel China tersebut. Dengan jenis file yang sesuai, maka sebuah aplikasi atau game dapat dibenamkan di hp China.

Dan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk ‘mengintip dalaman’ jenis file dalam hp China adalah sebagai berikut:

* Kebanyakan sebuah hp China format game atau aplikasi yang didukung adalah jenis file .nes. Apa itu jenis file .nes? .nes adalah jenis file yang digunakan dalam game Nintendo.

* Untuk memastikan apakah hp China Anda support akan file .nes, coba lihat game yang tersedia di hp China tersebut. Lihat propertise-nya. Apakah game tersebut adalah game berjenis file .nes.

* Lihat pada file manager. Apakah ada folder yang mengandung nama ‘nes’ atau ‘myNes’ atau nama lain yang terkandung kata ‘nes’. Jika ada, maka ponsel China Anda support akan file .nes.

* Jika ingin menanamkan aplikasi atau game China dengan file .nes Anda tinggal mencarinya di penyedia hosting file sharing seperti 4shared.com. Pada menu searching ketik ‘.nes’ yang bermakna file dengan ektensi .nes.

* Kemudian, download file tersebut dan simpan .nes di folder khusus Nes di ponsel China Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut