Kamis, 02 Desember 2010

udah tidak jaman internetan di warnet...!

Anda ingin menggunakan internet murah? Saat ini sudah tidak zamannya lagi biaya internet yang mencapai beberapa ratus ribu rupiah sebulan. Saat ini banyak alternatif internet murah yang bisa Anda pilih. Berbagai modem murah juga dijual untuk kebutuhan ini. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk memiliki sebuah modem untuk kebutuhan internet Anda.


Jenis-jenis Modem

Ada banyak merek modem murah yang dijual di toko-toko komputer dan toko-toko ponsel. Anda tinggal memilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Pada dasarnya ada banyak jenis modem yang bisa Anda gunakan. Namun saat ini, dua jenis modem murah yang cukup diminati adalah modem GSM/3G dan modem CDMA.

Kedua modem ini menggunakan kartu SIM sebagai sarana akses ke internet. Hampir semua provider telekomunikasi di tanah air menawarkan fasilitas internet melalui jaringan yang mereka miliki. Anda tinggal memilihnya saja sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum menentukan modem jenis apa yang akan Anda beli.


Modem GSM/3G

Modem GSM/3G jelas menggunakan kartu GSM sebagai sarana aksesnya. Modem yang saat ini dikeluarkan banyak yang sudah mendukung teknologi 3G dengan kecepatan tinggi yang bisa mencapai 7.2 MBps.

Kecepatan yang sangat cukup untuk berinternet ria. Tersedia pula berbagai paket data untuk internet yang sangat menggiurkan. Anda bisa memilih paket-paket ini sesuai dengan kebutuhan.

Paket yang cukup menarik untuk diambil adalah paket untuk penggunaan internet yang tidak terbatas dalam jangka waktu tertentu. Harga berbagai paket ini beragam mulai dari 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Modem 3G murah yang banyak dijual di pasaran adalah modem dengan merek Huawei, ZTE atau O2. Pada dasarnya modem ini tidak banyak perbedaan, hanya pada mereknya saja. Harga modem ini beragam mulai dari kisaran 350 ribu rupiah. Anda bisa memperoleh modem ini di toko ponsel atau komputer.


Modem CDMA

Untuk jaringan CDMA, Anda bisa menggunakan kartu CDMA seperti Smart, Esia atau Flexi. Kecepatan internet dari kartu CDMA ini tidak setinggi kartu 3G. Namun saat ini teknologi CDMA sudah menggunakan teknologi EVDO yang jauh lebih cepat dari pendahulunya.

Untuk modem murah yang bisa Anda beli adalah modem dengan merek Venus, ZTE, atau modem yang bundling dengan kartu CDMA langsung. Cara lain adalah dengan menggunakan ponsel tipe tertentu yang bisa berfungsi sebagai modem juga.

Menggunakan modem murah dengan kartu SIM yang tepat bisa menghemat pengeluaran internet Anda. Saya sarankan Anda memilih berbagai paket internet tak terbatas (unlimted) yang ditawarkan.

Dalam memilih modem jenis apa yang baik digunakan, Anda harus survey dahulu lokasi Anda untuk mengetahui sinyal apa yang paling kuat. Semakin kuat sinyal, semakin cepat akses internet yang bisa Anda dapatkan walau hanya dengan menggunakan modem murah saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut