Kamis, 02 Desember 2010

macam macam aplikasi chatting buat ponsel

Ada banyak vendor atau penyedia aplikasi yang menawarkan aplikasi hp gratis untuk chatting secara free atau tidak dipungut biaya sedikitpun. Beberapa di antaranya adalah Nimbuzz, eBuddy, dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi tersebut memiliki kemampuan serta kelemahan masing-masing.

Terserah Anda ingin menggunakan aplikasi yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Namun yang jelas, semua aplikasi di atas mempunyai persamaan. Yakni memudahkan Anda untuk tetap berhubungan dengan siapa saja kapan saja dan di mana saja walaupun dengan keterbatasan.

Nimbuzz

Aplikasi ini cukup berkembang dengan pesat. Pertumbuhan user yang sangat signifikan serta fitur-fitur yang ditawarkan juga semakin beragam. Berbeda dengan Mig33 yang begitu komersialnya dengan IDR, NimBuzz tidak memerlukan sejenis credit layaknya IDR.

Dalam menikmati pelbagai fitur-fiturnya, tidak ada sesuatu yang harus Anda beli atau didapatkan dengan credit, namun semua serba gratis walaupun aplikasi ini tidak sepopuler Mig33. Salah satu kelebihan NimBuzz adalah adanya fitur location sharing.

Anda di sini dapat melacak lokasi lawan main chat Anda. Tidak hanya itu saja, sharing file tidak terbatas cuma file berupa gambar layaknya di Mig33. Namun, dengan NimBuzz Anda dapat berbagi file berupa gambar, suara, video bahkan dokumen sekalipun.

Ebuddy

Multiple messaging yang cukup diminati di kalangan chater saat ini adalah eBuddy. Meskipun tidak tersedianya room chat, namun aplikasi ini cukup handal dalam menghubungkan berbagai macam IM (Instan Messenger) yang tersedia untuk dijadikan satu dalam ebuddy.

Mendukung beragam IM antara lain MSN, Yahoo!, AIM, ICQ, Google Talk, dan Facebook. Ebuddy juga mampu mangirimkan offline message ketika lawan main chat Anda sedang offline.

Kemudahan menggati avatar atau display picture, serta kemampuan mengirim file gambar langsung dari kamera ponsel merupakan kelebihan tersendiri dari eBuddy. Tak ketinggalan, eBuddy juga mendukung untuk mengirimkan pesan chat langsung dari halaman chating tanpa harus meninggalkan layar chat tersebut.

YM Tiny

Kita patut berbangga diri. Apa pasal, karena YM Tiny adalah aplikasi messenger Java besutan anak bangsa. Sesuai dengan namanya, YM Tiny maka dapat dipastikan ini adalah aplikasi yang memang dikhususkan untuk Yahoo Messenger atau YM. Aplikasi ini dahulu saat masih belum ada aplikasi pihak ketiga alternatif di ponsel yang dapat menjalankan YM, banyak pungguna ponsel memilih YM Tiny.

Dengan bobot hanya 128 kb, Anda dapat ber-chatting ria dengan rekan atau sahabat Anda di dunia maya. Patut kita berterimakasih kepada Yusuf “Ucuy” Arief Rahmanto sebutan dia dalam informasi aplikasi YM Tiny atas apa yang telah dia kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut