Kamis, 02 Desember 2010

cara membuat situs wapsite

Tahukah Anda cara mudah membuat website? Semakin gencarnya informasi percepatan teknologi menyebabkan banyak orang, mau tidak mau, suka atau tidak, akhirnya membuat website, minimal blog. Mengapa demikian? Kini, orang dipacu, dikondisikan. Bahkan, diarahkan kalau mau sukses harus jualan online. Untuk jualan online, Anda harus punya website.

Informasi tersebut terus digaungkan oleh marketer-marketer online, seakan-akan tidak ada pintu lain menuju sukses tanpa terhubung dengan dunia maya (online). Benarkah demikian? Tidak selalu. Memiliki website adalah sebuah cara atau alat, bukan tujuan. Namun, tidak salah memiliki website dengan nama domain tertentu guna menunjang bisnis Anda.

Membuat Website

Membuat website bukan seperti 4 atau 5 tahun lalu, yang menelan dana jutaan. Bahkan, sampai ratusan juta (tidak rasional). Selain itu, profesional muda saat ini lebih sering membuka situs-situs online ketimbang baca koran dan bertatap muka dalam melaksanakan negosiasi bisnis.

Dengan demikian, tidak heran jika ada individu dan korporat tertentu yang tidak punya kantor dan tidak punya karyawan tetap, bisa mendulang uang jutaan rupiah per hari. Tulisan ini bukan “buku manual” membuat website. Panduan tahap demi tahap cara membuat website di internet, sudah sangat banyak. Ada jutaan hasil pencarian dengan kategori serupa yang dideteksi google.

Tips Sebelum Membuat Website atau Blog dan Kegunaannya

* Tentukan sikap. Apakah Anda ingin yang gratis atau berbayar.
* Tuangkan ide Anda soal content (isi) blog atau website. Sebab, sebagus-bagusnya tampilan (template) sebuah situs atau blog, jika isinya buruk, pasti akan ditinggalkan. Itu sebabnya sekarang banyak blog atau situs-situs dengan nama domain tertentu, isinya copy paste. Seluruhnya.
* Fokus. Apakah benar Anda ingin total membuat blog atau website dengan tujuan bisnis dan mendatangkan iklan. Sebab, sudah terlalu sering dan banyak sekali blog atau website yang ditelantarkan oleh pemiliknya.
* Mental. Sekali gagal coba lagi dan coba lagi, perbaiki caranya dan latihan terus sampai mahir. Jangan malu bertanya dan mencari informasi cara membuat website.
* Carilah perbandingan harga sebelum membuat website. Tanyalah pada orang dekat terlebih dahulu sebagai bahan masukan.
* Kegunaan Anda belajar sendiri adalah setelah Anda bisa membuat satu website, Anda akan memiliki pegangan (modul) membuat website. Itu bisa Anda jual.
* Jika harus membuat website sendiri, pilihlah nama domain yang baik dan sebaiknya tidak pakai underscore (garis bawah). Nama domain unik dan tampilan eye catching pun jika isinya kosong alias kurang greget, pasti akan ditinggalkan.
* Buatlah akun berbeda supaya informasi ke email Anda tidak terlalu banyak.

Pertanyaannya, mengapa harus bisa membuat atau punya website sendiri jika penyedia jasa layanan pembuat website sudah cukup banyak dan boleh dikatakan relatif terjangkau? Bukankah hal terpentingnya adalah ide atau apakah yang sebenarnya kita inginkan dari sebuah website maupun blog?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut