Kamis, 02 Desember 2010

etika dalam bercatting ria

Tabiat orang Indonesia itu suka ngobrol. Dalam bahasa internet, yang demikian itu disebut chatting.

Untuk ngobrol, tak hanya asal saja, ada tata cara chatting yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh mereka yang ingin melakukannya. Tata cara chatting ini terkait dengan etika yang harus dijunjung oleh para pengguna internet.

Sekali Anda melanggarnya, bisa jadi Anda akan berurusan dengan orang lain. Tepatnya, akan memicu konflik dengan orang lain. Anda tidak menghendakinya bukan?

Perangkat Chatting

Ada beberapa perangkat chatting yang bisa Anda gunakan

1. Instant Mesenger

Yaitu layanan ngobrol online. Yang paling terkenal dan sering dipakai adalah Yahoo Mesenger.

Anda bisa menggunakannya setelah mendaftarkan diri lewat Yahoo Mail atau membuat email (surat elektronik) dulu di situs Yahoo. Setelah itu Anda bisa ngobrol sepuasnya dengan teman-teman Anda.

Di Yahoo Mesenger ini Anda juga bisa melakukan conference alias rapat virtual. Sehingga Anda bisa melakukan diskusi untuk memecahkan masalah tertentu tanpa harus bertatap muka.

2. Gtalk

Gtalk adalah layanan dari Google. Anda juga bisa melakukan chatting atau ngobrol lewat layanan ini. Layanan ini terintegrasi lewat email. Sehingga memungkinkan Anda bisa melakukan obrolan ketika membuka e-mail.

Bagusnya, jika terputus Anda bisa mendapatkan rekaman obrolan Anda. Sayang, sepertinya layanan ini belum bisa untuk ngobrol bersama atau conference.

3. Facebook

Di situs jejaring social Facebook juga ada layanan obrolan ini. Walau kurang maksimal karena sering terputus ketika ngobrol lewat layanan ini, namun setidaknya Anda bisa melakukannya. Yaitu khusus dengan teman-teman yang telah menjadi daftar teman pada situs jejaring sosial tersebut.

Beberapa Etika

Ada beberapa etika atau tata cara chatting, khususnya bagi remaja. Tata cara atau etika tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Ucapan perkenalan

Usahakan sebelum ngobrol, misalnya ketika lewat Yahoo Mesenger dan Anda masuk room, ketika pertama kali kenal dengan orang lain, perkenalkan diri Anda dulu.

Usahakan jangan berbohong. Tapi bicaralah sejujurnya. Setelah itu baiknya tanyakan hobi atau apa yang disukainya, siapa tahu Anda kelak bisa menjalin kerjasama dengannya.

2. Jangan gunakan huruf besar

Huruf besar dalam dunia maya bearti sedang marah. Maka, jangan gunakan hal tersebut ketika Anda sedang tidak mengekspresikan kemarahan Anda. Jika Anda nekat melakukannya, bisa jadi akan membuat tersinggung lawan bicara Anda.

3. Bilang kalau mau Off

Jika Anda sudah selesai ngobrol dengan teman Anda, usahakan pamitan lebih dahulu. Tidak ngeloyor pergi atau sign out seenaknya. Dengan begitu lawan bicara Anda akan merasa dihargai dengan sikap Anda tersebut yang memohon pamit sebelumnya.

Itulah beberapa tata cara chating yang bisa Anda jalankan. Semoga tips singkat ini bermanfaat bagi Anda, khususnya para remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut